Pak Jokowi-JK ciptakan sejarah baru, menaikkan harga BBM saat Harga Minyak Mentah Turun

Belum Ada Sejarahnya BBM Naik saat Harga Minyak Mentah Turun

Rencana Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi dipertanyakan, terutama karena sekarang harga minyak dunia sedang anjlok.

“Selama ini belum ada kenaikan harga BBM saat harga minyak mentah turun. Saya kira bakal turun karena dunia sedang euforia menikmati turun harga minyak,” kata Ketua Komisi VII DPR RI Kardaya Warnika, di Jakarta, Sabtu (15/11/2014).

Kardaya menyebut rencana kenaikan harga BBM tersebut sebagai hal ironis bila tetap terjadi. Dia menjelaskan, selama ini harga minyak BBM dihitung berdasarkan harga minyak dunia dan nilai tukar mata uang. Menurut dia, kenaikan harga BBM pun selama ini selalu karena lonjakan harga minyak dunia, yang itu juga dalam mata uang asing.

Saat ini, lanjut Kardaya, harga minyak dunia turun hingga 30 persen dari patokan harga minyak dalam asumsi makro Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. “Kurs dollar AS memang naik, tapi itu tak sampai 5 persen. (Harga) minyak 30 persen turun, kurs naik 5 persen, kita (seharusnya) masih ada penurunan sangat besar.”

Terlebih lagi, papar Kardaya, kesiapan pemerintah untuk menaikkan harga BBM pun sekarang masih sangat kurang. Dampak atas rencana itu, menurut dia belum dipertimbangkan langkah antisipasinya oleh pemerintah. “Yang sekarang kelihatannya naikin saja dulu, dampaknya gimana nanti. Ini buru-buru dan belum ada persiapan matang kalau dinaikkan,” kecam dia.

Kardaya meminta Presiden Joko Widodo memberikan penjelasan gamblang kepada masyarakat bila tetap hendak menaikkan harga bahan bakar minyak. “Kalau seandainya jadi (harga BBM naik), pemerintah harus jelaskan kepada rakyat kenapa naik karena menyangkut hajat hidup rakyat,” ujar dia. (Kompas.com)

Pak Jokowi-JK ciptakan sejarah baru, menaikkan harga BBM saat Harga Minyak Mentah Turun.
Terlepas akan bagaimana nanti efeknya, tapi di daerah ane belum naik aja udah rada kerasa gan, ntah cuma perasaan ane aja atau bener ni gan.

 


Yang jelas misalkan nanti bbm naik rp. 3000 sangat berdampak bagi rakyak kecil macam ane gan. Contohnya seperti bapak ane gan yang tiap hari harus beli solar minimal 5liter dengan harga eceran per liternya rp. 7000 untuk ngidupin mesin kincir tambak udang bapak ane, segitu aja bapak ane udah ngerasa berat, gimana nanti naik jadi sekitar rp. 9000, itu pun belum harga eceran.

Belum lagi hal-hal lainnya yang pasti berdampak negatif bagi masyarakat kecil kayak ane gini gan, tapi ya mudah-mudahan apa yang di lakukan pak Jokowi ini benar, kalo dengan menaikkan harga BBM, bisa memberikan kesejahteraan yang lebih bagi kita semua, ya kenapa tidak… Kita lihat saja nanti.

 

Pict: Google

Iklan

2 thoughts on “Pak Jokowi-JK ciptakan sejarah baru, menaikkan harga BBM saat Harga Minyak Mentah Turun”

  1. ya mnurut ane sih itu slah satu strategi pemrintah aj spya qta beralih ke pertamax tdk lg ke premium, krn klo premium naik jd 9500/liter nach brartikan hrg nya bda dkit dngan hrga pertamax yg klo gk slah Rp1050, otomatis orang psti lebih bnyak yg plih pertamax donk krn dgn hnya mnambah uang 500-1000 dri 9500 dach dpt bnsin yg lebih bgus, otomatis dgn bnyknya konsumen yg beralih ke pertamax maka subsidi pmerintah akn brkurang shingga pemerintah bsa lebih mnghemat APBN..itu mnurut opini ane ya..hehe

    Suka

    1. Bener sih. Kita dukung apapun kebijakan nya. Hanya mengira2 dampak lain kenaikanya. Coz gak jauh jauh sebagai nelayan, babe ane konsumsi solar udah pasti setiap hari nya. Dan di tempat ane yang plosok ini, pertamax harganya udah hampir sampai di angka 13ribu gan… ūüė•

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s