Matt Sorum Menyelamatkan Lumba-Lumba di Jepang

Eks penabuh drum Guns N’ Roses ini ternyata begitu peduli dengan kelangsungan spesies lumba-lumba di lingkungannya.

Tak disangka-sangka bekas penabuh drum grup rock legendaris Guns N’ Roses, Matt Sorum, peduli dengan kelangsungan populasi lumba-lumba di dunia. Tak tanggung- tanggung dirinya langsung mendatangi Taiji, sebuah desa di Jepang, yang menjadi pusat berkembang-biaknya populasi ikan tersebut

Keberadaan Matt di desa tersebut memprotes diadakannya lomba berburu lumba-lumba yang diadakan setiap tahunnya. Gerakan Save Dolphins yang dilakukannya cukup menarik perhatian mengingat sosok Matt adalah seorang rocker yang sekarang sebenarnya sudah memiliki grup rock sendiri.

Taiji sendiri menjadi terangkat keberadaannya berkat film pemenang Academy Award 2009 lalu, The Cove, yang bercerita tentang bagaimana para lumba-lumba digiring ke teluk kecil yang kemudian dibunuh para nelayan untuk diambil dagingnya. Para nelayan sendiri berkilah kalau hal itu adalah salah satu bagian dari tradisi desa mereka yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun.

Body art for @adoptthearts art show with animals today @dolphinproject

A post shared by Matt Sorum (@mattsorum) on

Tak hanya Matt saja, hadir pula Ric O’Barry yang melatih lumba-lumba untuk serial televisi era 1960-an, Flipper, demi melindungi eksistensi populasi para lumba-lumba dari para nelayan. Ric mendedikasikan separuh hidupnya untuk hal tersebut. Matt dan Ric tiba di Taiji pada 1 September kemarin, bertepatan dengan momen tahunan perburuan lumba-lumba di desa tersebut.

Second kit for #kingsofchaos tour @gretschdrums @zildjiancompany the coolest Kit #broadcaster #kerope

A post shared by Matt Sorum (@mattsorum) on

Tak Semua Orang Jepang

Daging lumba-lumba dan ikan paus sendiri memang dikonsumsi sebagai makanan lezat di Jepang. Meski begitu tak semua orang Jepang memakan daging-daging tersebut dan tak semua orang Jepang juga tahu akan perburuan tersebut. Serunya, beberapa kelompok nasionalis menggunakan kondisi tersebut sebagai isu kontroversial yang bernada menuduh kalau Ric dan orang-orang barat lainnya mengintervensi kebudayaan Jepang.

“Ini seperti mimpi buruk, seolah-olah saya sedang menonton situasi seperti dunia mengerikan dan sureal. Semuanya terjadi dengan begitu saja di depan mata,” ujar Matt setelah menonton perburuan tersebut.

Matt sendiri lantas berencana mengadakan konser rock di Tokyo dengan tema ‘Celebrating the Dolphin’, untuk menyatukan musisi Jepang dan musisi barat, termasuk grup band-nya sendiri, Kings of Chaos, demi melindungi para lumba-lumba. (Popular)

Joss Matt……..

Bonus: Matt Sorum Drum Solo (Tokyo Dome 92)

Salam Panic Brake…

Baca Juga:

Posted from WordPress for Sony Ericsson K510i

Iklan

3 thoughts on “Matt Sorum Menyelamatkan Lumba-Lumba di Jepang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s