Fitur ‘Double Tap to Wake Up Phone’ Solusi Tombol Lock Lumia 520 Rusak

Selamat Hari Imlek gan…

Saya mau berbagi tips nih buat user Lumia 520 atau Lumia lainnya Cara unlock touchcreen yang hp lumianya eror di tombol power. pengalaman pribadi hape L520 saya rusak di tombol power/lock nya.

Lumia 520, setahun yang lalu memang ngetren sekali… Ponsel pintar murah dari nokia dengan fitur yang mumpuni dibanding ponsel pintar lainnya. Saya termasuk yang tergiur untuk membelinya, dengan modal gajian seadanya dulu, langsung beli ini hape, waktu itu akhir tahun 2013, saya menebusnya dengan harga sekitar 1,7juta saja.. (kalo sekarang bisa dapet siomay)

Namun di balik itu semua ternyata dengan kemurahan harganya juga di sesuaikan dengan kualitas matrial bodi-bodi nya. Contohnya seperti yang saya baca di forum-forum lumia, banyak user lumia 520 yang mengeluhkan jika touchcreen lumia nya retak, entah akibat terjatuh atau tertimpa sesuatu benda. Dan saya juga mengalami nya sebagai user L520. Bahkan sudah 3 kali touchscreen L520 saya renyek, yah antara saya nya yang terlalu ceroboh atau karna pengantian hardware yang abal-abal juga menjadi penyebabnya hingga bisa pecah sampai 3 kali.

Trus apalagi? Sama juga seperti kebanyakan user L520, tombol power pada sisi kanan bodi mengalami ganguan atau susah di tekan. Memang sih kalo di lihat tombol-tombol di sisi-sisi L520 memang terlihat ringkih. Lalu apakah saya juga mengalami kerusakan tersebut? Alhamdulillah. Iya 😁. Malah lebih parah, tombol volume juga mati gak fungsi. Puter-puter otak waktu itu saya coba ganjel dengan plastik anti gores, saya potong kecil dan masukan ke sela tombol, dan Alhamdulillah tombol mau berfungsi kembali. Sebenarnya mungkin harusnya di solder sih tapi gak papa lah buat pertolongan pertama 😁…

Bertahan sampai setahun eh malah tombol power nya bukan gak fungsi lagi, tapi tentara malah copot a.k.a lepas sekalian… Walah gimana nih.. Mau buka hape ya gak bisa, jelas tombol locknya jadi satu sama power.. Walah…?

Muter-muter di pengaturan hape, kaya pernah inget kalo ada sesuatu. Nah benar saja. Nemu pengaturan ‘touch’ di situ ada tulisan ‘double tap to wake up phone’ coba di on kan dan coba Test Test… Ternyata bisa.. Sekarang bisa un lock screen atau membangunkan hape hanya dengan tap 2 kali saja, hehehe.
Caranya tadi, buka Setting -> Touch -> aktifkan untuk ‘double tap to wake up phone’.
Gampang kan? Kalo di hape lumia anda gak bisa atau gak ada setting Touch nya, coba download dulu settingnya di “sini“. Kalo gak bisa juga, berarti hape anda kudu di upgrade dulu, caranya pilih menu setting lagi -> Phone update -> lalu check dan unduh, ini harus pakai wi-fi ya.

Nah kalo udah bisa buka kunci layar nya terus kalo mau ngunci gimana? Yah gampang, diemin aja hapenya gan, ntar kalo gak di apa-apain juga ngunci sendiri, wkwkwk.. Gak nggak, ada kok aplikasinya, download aja di bursa, cari aja nama aplikasinya ‘One Lock Touchscreen’ atau langsung ke sini aja. Download lalu buka aplikasi yang udah di download tadi, pilih ikon lock nya sesuai selera, trus pin ke mulai/pin to startscreen. Kalo mau lockscreen tinggal klik aja ubin button yang di pilih tadi. Gampang kan?

Nah kalo mau matiin hape lumianya, saya sendiri pake cara lepas baterai hapenya, caranya emang kasar, tapi ya mau gimana lagi? Cuma gitu caranya.

Kalo ngidupin nya tinggal di cas aja, hape akan otomatis idup sendiri. waahhh… Kalo pas lagi di jalan atau di luar rumah gak bisa ngidupin dong? Yoi, kalo pas lagi keluar ya jangan di matiin hapenya, atau ya harus punya power bank buat ngecas atau ngidupin hapenya. Ribet yak? Ya mau gimana lagi juga? Belum ada duit buat beli yang baru geh…

Katanya sih ada yang bilang bisa ngidupin hapenya pake tombol kamera, “tahan aja tombol kamera nya entar hidup”, tapi sayang saya coba gak bisa, padahal di pengaturan udah di centang ‘tekan dan tahan tombol kamera untuk membangunkan telepon’ tapi tetep ak bisa. Oke itu tadi tips yang saya bisa berikan sebagai user L520 yang belum bisa move on karna gak punya duit.. Semoga bermanfaat…

Salam Panic Brake…

Baca Juga:

Posted from WordPress for Sony Ericsson K510i

Iklan

26 thoughts on “Fitur ‘Double Tap to Wake Up Phone’ Solusi Tombol Lock Lumia 520 Rusak”

  1. Gan.. Kalo boleh tau agan benerin touchscreen nya dimana?? Dan berapa?? Soalnya ane baru ganti sekali touchscreen nya.. Eh ga bisa double tap to wake up lagi.. Soalnya ga ori.. Tolong dibales ya gan..

    Suka

    1. mungkin itu gan sensor di deket speker telinga yang warna merah kedip2 itu ketutup. atau coba bro teken2 ujung depan hape sebelah kiri. teken aja touchscreen nya. soalnya disitu tempat soket touchscreenya mungkin kurang kenceng.

      Suka

    1. sudah adaa menu touch/sentuhnya belum gan.. kalo belum silahkan download link diatas. n kalo belum bisa juga, upgrade sekali lg coba. lumia saya 2 kali upgrade bro..

      Suka

      1. Kadang bisa, tapi setelah layar mati agak lama biasanya nggag bisa
        Klo Service tombol daya biasanya berapa y gan ?? ??
        Thxs be 4

        Suka

  2. Wkwkk, kagak kepikiran ane, malah udah putus asa aja rasanya mau lempar tuh lumpiaπŸ˜‚. Makaasiih bgtt yakk gann lumpia ane terselamatkan berkat postingan enteπŸ˜‚πŸ‘πŸ»

    Suka

  3. gan, mode tap to wake up ane kenapa gak bisa ya?, ane baru aja ganti touch screen kondisinya gak ada yg longgar dan udah di setting, tp tetap gak bisa

    Suka

  4. Wah makasih gan infonya sangat membantu, sempet putus asa sama lumia 620 saya yg copot tombol power nya, akhirnya ada cara lain juga πŸ˜€

    Sukses terus gan. 😁

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s