Fakta-Fakta Tentang Lampung Bumi Saburai

Selamat pagi gan… Happy Weekend…..

Datuk kali in mau share tentang fakta-fakta tentang Lampung, provinsi tempat datuk tinggal. Ngomongin tentang Lampung mungkin identik tentang Kopi? Gajah? Sumatera? Lada? Atau Begal? Langsung cek kebawah aja gan…

1. Di Lampung menganut sistem kekeluargaan Patrilineal, tapi sangat menghormati wanita. Hal ini terlihat dengan digunakannya siger (sigokh) sebagai simbol orang Lampung, dimana kebanyakan suku lain menggunakan senjata sebagai simbolnya seperti Kujang, Mandau, Keris.

2. Hampir 100% orang Lampung beragama Islam, Kecuali yang pindah keyakinan.

3. Kebanyakan orang Lampung bermata sipit, berkulit putih, dan lebih mirip orang Cina. Meskipun tak semua orang Lampung berperawakan seperti itu.

4. Kita akan kesulitan menemukan orang yang berbahasa Lampung di Lampung. Kecuali di tempat-tempat tertentu.

5. Bahasa Lampung terbagi menjadi dua dialek utama, yaitu A dan O, dan masing-masing dialek memiliki subdialek sendiri-sendiri. Ketika 2 orang Lampung berbeda marga saling bertemu, maka tak jarang mereka akan menggunakan bahasa Indonesia. Meskipun masing-masing dialek tidak jauh berbeda dan mereka akan paham walau menggunakan dialek masing-masing.

6. Kata-kata “Kamu orang, Kita orang, Dia orang” adalah kata bahasa pergaulan yang umum di Lampung untuk menunjukkan “Kalian, Kami, dan Mereka”. Padahal dalam bahasa Lampung, ketiga kata tersebut adalah “Kuti/kutei, Hikam/ikam, Tiyan”

7. Kita akan kesulitan menemukan restoran/ makanan khas Lampung di Lampung sendiri (bahkan mungkin tidak ada)

8. Lampung memiliki huruf sendiri yang disebut dengan Had Lampung

9. Lebih banyak orang yang tahu menulis dengan menggunakan Aksara Lampung daripada berbahasa Lampung.

10. Seruit adalah makanan khas orang Lampung yang merupakan simbol kebersamaan & kekeluargaan.

11. Sama seperti kebanyakan orang Sumatera, Orang Lampung biasanya memiliki watak yang keras. Saat berbicara pun bahasa dan logatnya di ucapkan dengan keras..

12. Di Lampung banyak sekali orang jawa, mungkin lebih banyak dari orang pribumi Lampung sendiri.

13. Manusia tertinggi di indonesia berasal dari Lampung. Dia bernama Suparwono. Pak Suparwono Lahir di Pagelaran, Pringsewu, 4 November 1985 dan wafat pada hari rabu 22 Februari 2012 akibat sakit diare.

14. Kebudayaan Lampung sangat terpengaruh oleh emas atau logam dengan warna-warna emas seperti kuningan. Mulai dari Siger dan aksesoris pengantin yang terbuat dari emas atau warna tiruan emas, Tapis (Kain khas Lampung) yang dari sulaman benang emas, perkakas sehari-hari yang terbuat dari emas atau kuningan seperti teko, gelas, piring, sisir dll. Pernah beberapa kali penulis mendatangi lokasi hajatan orang Lampung (pernikahan, sunatan, pengangkatan adat), rasanya seperti berada di tempat yang mewah dan glamor karena nuansa yang serba emas.

15. Di lihat dari dari motif tapis dan penggunaan emas dalam kehidupan sehari-hari, mungkin zaman dahulu pernah ada peradaban sangat tinggi di Lampung, namun tiba-tiba hilang tak berbekas pada suatu masa. Dari motif tapis, dapat kita lihat kapal besar yang mampu memuat gajah, awak kapal yang lengkap (Nahkoda, Juru mudi, Mualim, Tukang Agung, Kelasi, Pedagang, Budak, Kadet, dan Prajurit Kapal), orang menunggang gajah, motif naga seperti dalam legenda Cina, Piramid (Motif pucuk rebung, yang sangat mirip candi Prambanan. Sedangkan motif Gunung umpu menyerupai kuil orang Aztec di Amerika), dll.

16. Terdapat penangkaran gajah dan satwa langka terbesar di Indonesia yaitu Taman Nasional Way Kambas di Kab. Lampung Timur

17. Kota Bandar Lampung pernah mendapat penghargaan adipura sebagai kota terbersih se Indonesia.. hehehe bangga ya..

18. Banyak tanaman Karet, Sawit, kakao, singkong, lada, padi dll yang ditanam oleh mayoritas petani di lampung.

19. Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera terletak di Kabupaten Lampung Barat. Danau ini berbatasan dengan provinsi Sumatera Selatan. Dulu waktu SMK datuk pernah mengikuti perkemahan wisata di sini, tempatnya ajib, pemandanganya indah dan sejuk, kemah tiap hari pinginnya mandi terus di danau 😁.

20. Di Kabupaten Tanggamus ada bendungan air terbesar se-Asia Tenggara yaitu Bendungan Batu Tegi. Tapi sayang kalau search di Google, dengan keyword ‘bendungan terbesar se-Asia Tenggara’ bukan bendungan Batu Tegi yang muncul, tapi Bendungan Wonorejo di Jawa Timur atau Jatiluhur di Jawa Barat. Padahal menurut saya Bendungan Batu Tegi adalah bendungan paling besar se-Asia Tenggara bahkan sedunia, itu kenapa, karna saya sendiri pernah berkunjung ke Bendungan tersebut, dan belum pernah berkunjung ke bendungan lain 😁.

21. Di Lampung terdapat dua areal pertambakan udang modern terbesar se-Indonesia atau bahkan se-Asia Tenggara. Kedua area pertambakan ini terletak di kabupaten Tulang Bawang. Orang-orang di Lampung sering menyebutnya Dipasena dan Bratasena yang memang dulu keduanya diambil dari nama masing-masing PT tersebut, PT. Dipasena Citra Darmadja dan PT. Central Pertiwi Bratasena. Datuk sendiri lahir dan besar di Dipasena.

22. Dan maaf, bukan rahasia umum lagi kalo di Lampung banyak sekali tindak kejahatan Pembegalan. Seperti kata Wendy, comica yang berasal dari Lampung mengatakan bahwa kehidupan di Lampung lebih extrim dari pada kehidupan di Jakarta.

Sekian, Salam Panic Brake dari tano lado, Lampung Sang Bumi Ruwa Jurai…

Sumber:
– Pribadi
– Gambar: Google.com
https://bloglintang1.wordpress.com/2013/11/11/keunikan-provinsi-lampung/
http://duniayuza.blogspot.com/2012/06/fakta-lampung.html?m=1

Baca Juga:

Posted from WordPress for Sony Ericsson K510i

Iklan

32 thoughts on “Fakta-Fakta Tentang Lampung Bumi Saburai”

  1. die Redaktion des Leserservice der Deutschen Post, die in ihrem News-Blog den Artikel &#02W8;Twitter-2idgets für Blog und Webseite” empfohlen

    Suka

  2. An exciting language may be valued at note. I cerebrate that you need to make many with this issue, it durability not certainly be a bias industry but mostly group are not enough to talk in much subject areas. To the particular succeeding. Cheers just like your Khmer Karaoke Celesritieb.

    Suka

  3. Det lyder da bare sÃ¥ hyggeligt.Og dejlige ting du har fÃ¥et købt dig, glæder mig til at hvad du nu skal igang med.Ja! jeg har brugt det meste af dagen hos Maileg´s lagersalg.SÃ¥ jeg har ogsÃ¥ købt vildt ind:-)Viser det imorgen.Knus Susi

    Suka

  4. Ping-balik: EXPLORE LAMPUNG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s