Tips Bepergian Membawa Hamster Dengan Sepedamotor

Akhirnya bisa adopsi Hamster lagi, kemarin bawa pulang sepasang hamster Winter White hasil cod dengan seller hamster di balam.

Sebelum nya saya sudah memelihara dua pasang hamster Campbell, sepasang sejenis (cowo semua) dan sepasang lagi jantan-betina namun belum hamil-hamil juga ๐Ÿ˜ž, dan satu hamster Syirian tapi sudah hilang melarikan diri entah kemana :'(.

Kebetulan pingin melihara jenis hamster lainnya selain Campbell tapi bukan syirian karna terauma dengan syirian saya yang hilang itu, susah sekali di jinakkan, mungkin juga karna salah saya nya yang tidak punya nyali untuk menjinakan hamster yang postur badan nya paling gede di antara hamster jenis lainnya, padahal hamster syirian terkenal dengan hamster yang jinak. Nah antara hamster Winter White dan Roborovsky yang jadi pilihan. Tapi karna Hamster robo susah sekali di dapat dan juga harga nya yang mahal, maka dari itu saya memutuskan untuk mengadopsi hamster Winter White saja.

Kebetulan setelah ngubek-ngubek Facebook akhirnya menemukan juga seorang yang memelihara hamster sekaligus menjual hamsternya, soalnya kurang respek saya kalo beli di petshop, harga dengan keadaan hamsternya gak sesuai, hehe ๐Ÿ˜. Kebetulan si mas penjual nya ini cuma punya WW, wah kok pas banget emang lagi nyari WW, varian nya cuma dua, Normal dan Pearl.

Normal

Pearl

Ya sudah setelah nego harga, saya pilih deh yang jantan nya normal, dan betinanya pearl. Karna saya gak tau lokasi alamatnya rumah si mas seller ini, jadi kita COD saja di museum Lampung, yah gak bisa pilih-pilih deh, gak papa yang penting saya mewanti-wanti si seller nya agar si jantan nya lebih besar ya dari si betina, karna takut nanti gak bisa hamil lagi, sebab campbell dirumah yang betina nya paling besar diantara para hamster Campbell jantan, jadi gak ada pejantan yang bisa menaklukannya, huahahaha :D.

Naha… Akhirnya ketemu sama seller nya di lokasi janjian, dan ternyata masih bocah si mas sellernya ๐Ÿ˜, liat si hamster nya wah… Imut-imut kaya si mas seller nya. Langsung lihat hamsternya, wah hamster nya di bungkus pake kotak nasi sama mas sellernya ๐Ÿ˜”. Cek cek, Sesuai selera, serah terima, dan bawa pulang hamsternya…

Alhamdulillah.. Perjalanan satu jam setengah si hamsternya gak kenapa-kenapa… Hihiy keluarga baru…

Oiya ini tips ketika membawa hamster bepergian jauh:

* Usahakan hamster tidak terkena sinar matahari langsung.
* Usahakan tempat untuk membawa hamster memiliki cukup ventilasi udara. Biar mudah bawa pakai kandang jeruji saja.
* Jika anda membawa kendaraan terbuka/sepeda motor, usahakan agar hamster tidak terkena terpaan angin, jika anda mengunakan kandang jeruji, tutuplah kandang dengan plastik keresek yang sudah di lubangi sebagai ventilasi.
* Tetap sediakan sayuran yang mengandung banyak air untuk mencegah hamster dehidrasi jika perjalanan memakan waktu lebih dari 2jam.
* Jika bisa, bepergian lah pada sore hari atau saat cuaca tidak terlalu panas.
* Dan jika ada terpaksa bepergian di siang hari yang panas dengan kendaraan sepeda motor, gunakanlah es batu untuk mendinginkan kandang, caranya, masukan ke dalam plastik keresek es batu yang sudah di remukan, tidak perlu terlalu banyak, lalu lapisi dengan kain, setelah itu masukan kandang hamster kedalam keresek tadi, agar kandang hamster selalu tetap dingin walapun cuaca sangat panas. Cara ini ampuh terbukti ketika tiga kali saya bepergian naik motor membawa hamster ยฑ2 jam di perjalanan, si hamster sehat wal afiat samapai tujuan. Tips ini untuk berjaga-jaga agar hamster tidak kepananasan dan terkena heartstroke.

Semoga bermanfaat…

Baca Juga:

Posted from WordPress for Sony Ericsson K510i

Iklan

5 thoughts on “Tips Bepergian Membawa Hamster Dengan Sepedamotor”

    1. hehe. asal habitat nya memang dari luar negri mbak.. suriah, rusia china… iya nih saya juga kalo capek pulang kerja lansung liat mereka lucu2 langsung ilang stress capek nya.. ๐Ÿ™‚

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s